Kamis, 11 Juli 2013

SUZUKI FXR



Kesan Saya Tentang Suzuki FXR Januari 21, 2011

Posted by Maskur in MOTOR.
Tags: , , , , , , , ,
trackback
 
 
 
 
 
 
3 Votes

Suzuki FXR 150. Mendengar nama ini saya jadi ingat artikel di Kafemotor yang menyebutnya sebagai sebuah mahakarya atau masterpiece. Tidak berlebihan kiranya disebut demikian karena fitur dan teknologi yang diusungnya sudah tergolong advanced di jamannya. Apalagi didukung fakta bahwa di Indonesia, motor bermesin 150 cc DOHC ini hanya ada dalam jumlah yang terbatas.

Saya tidak akan membahas secara teknis tentang motor ini, nanti dibilang Nguyahi Segara. Cukup kesan saya terhadap motor ini saja yang akan saya tulis.
Saya pertama kali melihat motor ini di Solo. Suatu malam di tahun 2002 saya membonceng teman saya naik Astrea Grand Impressa. Melintas di sekitar depan Lapas Solo, di tengah kerumunan motor, ada yang menyalip dari sebelah kanan, motor berfairing bermerk Suzuki bermotif mirip Motor Telefonica Movistar-nya Kenny Robert. Wah motor apalagi ini, pikir saya.
Karena banyak kendaraan (malam minggu) kita jadi seperti jalan berjejeran sampai dengan Gladak dengan kecepatan rendah. Selama itu saya bisa memperhatikan motor sport fairing ini. Monoshock, velg racing, lengan ayun kekar, bentuknya seperti motor balap, speedometernya menyala berwarna jingga dengan display digital. Benar-benar canggih!
Lihat blok silindernya…walopun tertutup half fairingnya, namun terlihat bahwa motor ini sileindernya besar. Rangkanya juga kotak dan besar, yang disebut deltabox. juga tertulis DOHC yang biasanya dipake motor-motor besar. Wah top banget nih Suzuki. Bahkan setelah lihat dari sisi kanan, ternyata lengan ayunnya berbentuk melengkung yang dikenal dengan model pisang, yang banyak menjadi model modifikasi di tabloid.
Jaman itu sedang booming motor-motor CBU dengan harga selangit. Honda dengan Nova Sonic serta Nice, Yamaha dengan Tiara, Touch dan 125Z, Suzuki dengan Raider 125, Cool dan FXR ini. Kenapa Suzuki kok kesannya racing banget, pikir saya. Dulu cuma RGR motor sport fairing yang serius dijual di sini, NSR pun terkesan tidak serius. Tambah lagi Suzuki juga sedang merajai rodarace dalam negeri dengan RG Sports di kelas 2 tak dan Shogun 110 di 4 tak.
FXR ini benar-benar mendahului jamannya dengan fitur canggih dan performanya. Sayang motor ini mati muda. Berbahagialah anda para pemiliknya. Anda mempunyai barang antik, langka dan memang benar-benar masterpiece.
==============================================
Tambahan, karena dulu saya hanya kenal motor bebek, maka melihat lampu motor ini kok mirip lampu Yamaha Jupiter. Setelah Jupiter keluar versi burung hantu terus saya berpikir gimana kalo lampu depannya diganti dengan lampu bersorot tajam ini, pasti makin gahar. Kurang lebih seperti ini:
Menurut saya aksen bulat tajam akan membuatnya lebih terasa hidup.

SUZUKI JARI SAKTI MOTOR
PT. SURYA SAHABAT UTAMA
Cabang Karawang
Jl. Proklamasi Rt.03 Rw04 Tanjung Mekar
Karawang HP. 0878 0011 4732, 0816 1720 9361
081 906 818 111, 085 7822 300 95, 0838 1434 1638

email   : ssujarisakti_karawang@yahoo.com
     : ssujarisaktikarawang@gmail.com
twitter : ssujskarawang
facebook: jarisakti
http://www.jarissaktikarawang.blog.com
http://www.ssujarisaktikarawang.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar